English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Welcome to My Blog
Ke hulu membuat pagar, Jangan terpotong batang durian; Cari guru tempat belajar, Supaya jangan sesal kemudian.

Selasa, 23 Oktober 2012

Arti SUMPAH PEMUDA masa kini



Arti SUMPAH PEMUDA dalam era saat ini apa sih ?? Seberapa besarkah kita masih mengingat peristiwa Sumpah Pemuda, khususnya di kalangan generasi muda sekarang?

Jangan tanyakan naskah sumpah pemuda kepada pemuda dan pemudi masa kini...
karna bisa dipastikan kebanyakan dari mereka tidak hafal...
Apakah ketidak hafalan mereka terhadap naskah sumpah pemuda membuat mereka tidak menghargai serta menghormati sumpah pemuda???
salah besar...
 

Karena sumpah pemuda tidak hanya untuk menghafal naskah saja..
Tetapi bagaimana kita berperan membangun pemuda-pemudi negeri kita ini untuk maju dan mandiri serta memberi bukti yang cerah pada Negeri ...

Pemuda pemudi saat ini sangatlah berperan penting terhadap Negara, dengan bagaimanapun cara mereka mengekspresikannya. Namun, semangat baru ini dikobarkan para pemuda ditengah masa penjajahan. Dengan satu tujuan mencapai cita‐cita negara Indonesia yang berdaulat. 

Berbagai peristiwa mewarnai perjuangan mereka dan rela berkorban hanya untuk mengedepankan persatuan, kesatuan, dan tujujan kemerdekaan.


Akan tetapi, di era masa kini arti Sumpah Pemuda seakan lenyap tergerus zaman yang semakin modern dan nyaris melunturkan rasa Nasionalisme. Para pemuda dan pemudi saat ini pada kenyataanya, banyak yang mencoreng dirinya sendiri sebagai generasi penerus bangsa sebagai sosok yang tidak berguna dengan pergaulan yang dilarang dalam agama dan hukum, seperti pecandu narkoba, dan bertindak semaunya tanpa berfikir rasional. Banyak alasan yang mereka kemukakan sebagai pembelaan diri.

Entah apa yang menjadi pemicunya sehingga mereka bisa berbuat seperti itu? Jawabannya memang miris, hal ini akibat dari perkembangan jaman, dan perkembangan jaman itu juga berdampak pada perkembangan pola pikir. Tetapi sebagai kaum pemuda yang menjadi harapan bangsa harus selalu melihat kedepan dengan segala kemampuanya berusaha dengan sebaik mungkin dan menjadi kebanggaan baik didalam keluarga atau masyarakat, juga mengabdi kepada agama dan bangsa.

Sumpah Pemuda berkumandang, gelora dan semangat kaum muda dituntut di masa sekarang, dengan tujuan memperbaiki kondisi ekonomi bangsa dan mensejaterakan rakyat Indonesia. Bangkit dan Berjuanglah Pemuda Pemudi Indonesia……..!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar